Halaman SMAK Fides Kefamenanu (Photo: Dok. Fides)

Halaman SMAK Fides Kefamenanu (Photo: Dok. Fides)

SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu atau yang lebih dikenal dengan nama SMAK Fides bernaung di bawah Yayasan Betlehem. Sekolah ini berdiri pada 6 Maret 2006, atas prakarsa Pastor Antonio Razzoli, OFMConv. Seorang misionaris OFMCOnventual asal Italia.

Menurut Pater Antonio, hal yang melatarbelakangi berdirinya SMAK Fides adalah agar anak-anak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang perkembang IPTEK, membangun mental spiritual dan iman yang kuat, dan menjadi ragi di tengah masyarakat.

Agar pengelolaan sekolah ini berjalan dengan baik dan terarah, diadakan kerja sama dengan tiga tarekat yakni: Ordo Saudara Dina Conventual sebagai pemilik sekolah dan asrama putra Aspiran, Tarekat Bruderan Budi Mulia sebagai pengelola Asrama Putra dan Tenaga Pendidik, dan Tarekat Susteran SND sebagai pengelola Asrama Putri.

Secara teknis, Pater Antonio menjalin kerjasama dengan tokoh pendidik diantaranya Drs. Toal Stefanus, MM dan Dinas PPO Kabupaten Timor Tengah Utara serta Pemerintah Daerah guna mendapat dukungan administrasi. Sebagai hasilnya, pada tahun 2008 sekolah ini diresmikan oleh Bupati TTU Drs. Gabriel Manek, M.Si.

Sebagai langkah awal, pada tahun ajaran 2006/2007 diterima siswa baru sebanyak 36 siswa. Angkatan pertama SMAK Fides ini dinahkodai oleh Br. Ferdinand, BM sebagai Kepala Sekolah pertama. Untuk memperlancar proses belajar-mengajar, Br. Ferdinand dibantu oleh guru-guru negeri dan honor yang tinggal di sekitar Kota Kefamenanu.

Pada tahun ajaran 2007/2008, di bawah kepemimpinan P. Andreas Budianto, OFMConv, dan pada masa kepemimpinan P. Yohanes E. Padiyana, OFMConv (T.A 2008/2009 – 2012) tim dari sekolah ini melakukan studi banding ke SMAK Giovani Kupang guna mendapat insight baru tentang proses Pengelolaan Sekolah yang baik dan sesuai dengan standar yang diharapkan.

Dengan berjalannya waktu, sekolah ini semakin dikenal sehingga dari tahun ke tahun siswa yang mendaftar ke SMAK Fides semakin banyak. Siswa-siswi SMAK Fides saat ini berasal dari berbagai daerah di Pulau Timor, bahkan ada yang berasal dari Pulau Flores.

Meningkatnya animo masyarakat untuk memasukkan anak mereka ke SMAK Fides karena disiplin yang ditanamkan di sekolah ini, model pendidikannya yang terintegrasi dengan asrama sehingga memudahkan pengawasan. Karena model pendidikan yang seperti ini pula lah SMAK Fides selalu berhasil menamatkan siswa-siswinya dengan prosentase 100% setiap tahunnya.