Photo: Cintya Kana

Pesan kepada Siswa/i tercita…

Salam civitas Maroon.

Hallo adik-adik. Apa kabar? Semoga selalu sehat dan luar biasa.

Mungkin untuk adi-adik kelas 3 yang sekarang masih mengingat saya. Saya, dari civitas Maroon, Ilmu Komunikasi Universitas Udayana Bali ditugaskan fakultas untuk bahkan diarahkan untuk selalu tidak melupakan Almamater yang menurut saya sangat hebat ini.

Saya mau bercerita bagaimana bisa lolos di PTN terbaik di Provinsi Bali ini. Adik-adik tahu bahwa saya tidak pernah berprestasi di SMA seperti teman-teman yang lain. Tapi jangan cemas sebab dengan tekad kuat, atau NEKAT, adik-adik bisa menjadi orang yang hebat.

Butuh bukti? Saya adalah buktinya. Saya bisa buktikan sebagai salah seorang dari 4.800 yang terpilih dari 8.000 orang yang mengikuti test. Ini belum termasuk banyaknya mahasiswa asing yang mendaftar.

Adik-adikpun pasti lebih bisa dari saya atau kakak-kakak angkatanmu yang lain. Oleh karena itu, berjuanglah mulai saat ini untuk lulus SNMPTN atau SBMPTN. Yakinlah bahwa anda pasti bisa lulus pada Perguan Tinggi diluar NTT yang lebih hebat seperti UDAYA, UNAIR, UGM, UNDIP, President University dan lainnya.

Bangunlah dirimu muali saat ini dengan bekal ilmu dan Bahasa. Jujur, saya sempat menyesal karena mengabaikan Bahasa inggris. Saya sangat butuh bahasa inggris sekarang. Saya sebetulnya bisa sedikit berbahasa Korea dan Jepang tetapi bahasa Inggris adalah keharusan. Saya sempat ditanya oleh dosen, ‘dek, gimana caranya kamu bisa belajar 2 bahasa asing tapi tanpa bahasa inggris?’ saya jawab ‘waktu SMA saya sering nonton.’

Adik-adik kelas tiga, bersemgatlah belajar untuk 6 bulan ini karena anda tidak punya banyak waktu lagi. Menyesal kemudian adalah sia-sia. Berjuanglah untuk lulus SMPTN atau SBMTP tapi bila harus di PT swata, pastikan bahwa anda dapat bersaing pada PT swata unggul dan favorite.

Saat memilih PTN, prioritaskan pilihan PTN dalam provinsi. Ingat, tahun depan, kuota SBMPTN akan diperketat dalam ujiannya. Jadi, semangat dalam juang. Jalur mandiri adalah harapan terakhir jika gagal SBMPTN. Berdoa dan belajar adalah kunci sebab jika kalian terus mencoba, tidak akan gagal

Akhirnya, khusus kepada adik-adik kelas XII IPS, jangan berkecil hati. Berjuanglah untuk meraih mimpimu dan jika bias, ikuti jejak saya di FISIP ‘FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.’ UDAYA Bali. Anda bisa memilih Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Politik,  Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Hubungan Internasional, dan Diploma 3 Perpustakaan.

Saranghaeyo, kamshamidaa.

God bless.

Salam alumni SMAK FIDES QUAERENS INTELLECTUM,

Dan salam civitas maroon, Udayana.

Email: thiacynthiakana@gmail.com