Connect with us

Profil

Sejarah SMAK Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu

Published

on

Sejarah Berdirinya SMAK Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu

SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu atau yang lebih dikenal dengan nama SMAK Fides bernaung di bawah Yayasan Betlehem. Sekolah ini berdiri pada 6 Maret 2006, atas prakarsa Pastor Antonio Razzoli, OFMConv. Seorang misionaris OFM Conventual asal Italia.

Menurut Pater Antonio, hal yang melatarbelakangi berdirinya SMAK Fides adalah agar anak-anak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang perkembang IPTEK, membangun mental spiritual dan iman yang kuat, dan menjadi ragi di tengah masyarakat.

SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu satu-satunya sekolah wajib berasrama yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur, yang berlokasi di jalan Eltari Km. 07 Sasi Kefamenanu – TTU. Agar pengelolaan sekolah ini berjalan dengan baik dan terarah, diadakan kerja sama dengan tarekat Tarekat Susteran SND sebagai pengelola Asrama Puteri; sedangkan pengelolaan asrama Putera langsung dibawah asuhan Ordo Saudara Dina Conventual sebagai pemilik sekolah.

Secara teknis, Pater Antonio menjalin kerjasama dengan tokoh pendidik diantaranya Drs. Toal Stefanus, MM dan Dinas PPO Kabupaten Timor Tengah Utara serta Pemerintah Daerah guna mendapat dukungan administrasi. Sebagai hasilnya, pada tahun 2008 sekolah ini diresmikan oleh Bupati TTU Drs. Gabriel Manek, M.Si.

Sebagai langkah awal, pada tahun ajaran 2006/2007 diterima siswa baru sebanyak 36 siswa. Angkatan pertama SMAK Fides ini dinahkodai oleh Br. Ferdinand, BM sebagai Kepala Sekolah pertama. Untuk memperlancar proses belajar-mengajar, Br. Ferdinand dibantu oleh guru-guru negeri dan honor yang tinggal di sekitar Kota Kefamenanu.

Pada tahun ajaran 2007/2008, di bawah kepemimpinan P. Andreas Budianto, OFMConv, dan pada masa kepemimpinan P. Yohanes E. Padiyana, OFMConv (T.A 2008/2009 – 2012) tim dari sekolah ini melakukan studi banding ke SMAK Giovani Kupang guna mendapat insight baru tentang proses Pengelolaan Sekolah yang baik dan sesuai dengan standar yang diharapkan.

Pada masa kepemimpinan P. Jose Alexander Nitsae, OFMConv (T.A 2012-2017), SMAK Fides Kefamenanu mulai menerapkan system pembelajaran dan ujian berbasis ICT: Ujian Nasional berbasis computer dan  pendaftaran siswa baru berbasis online. System ini terus berbenah dan berkelanjutan hingga sekarang dibawa kepemimpinan Fr. Edianus Ndarung, OFMConv.  SMAK Fides Kefamenanu dibawa kepemimpinan Fr. Edianus Ndarung, OFMConv. mulai menerapkan sistem ujian sekolah berbasis Hp Android

Dengan berjalannya waktu, sekolah ini semakin dikenal sehingga dari tahun ke tahun siswa yang mendaftar ke SMAK Fides semakin banyak. Siswa-siswi SMAK Fides saat ini berasal dari berbagai daerah di Pulau Timor, bahkan ada yang berasal dari Pulau Flores.

Meningkatnya animo masyarakat untuk memasukkan anak mereka ke SMAK Fides karena disiplin yang ditanamkan di sekolah ini, model pendidikannya yang terintegrasi dengan asrama sehingga memudahkan pengawasan. Karena model pendidikan yang seperti ini pula lah SMAK Fides selalu berhasil menamatkan siswa-siswinya dengan prosentase 100% setiap tahunnya.

 

Visi Sekolah

“MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK SECARA UTUH BERDASARKAN IMAN YANG KOKOH, BERAKHLAK MULIA, TERAMPIL, BERPENGETAHUAN MENDALAM DAN BERKARAKTER KEBANGSAAN”

 

Misi Sekolah

  1. Mengembangkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan keagamaan serta Wawasan Nusantara dan cinta tanah air
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara efektif berbasis ICT
  3. Mengembangkan potensi siswa dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum
  4. Mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan pengembangan diri
  5. Mengembangkan karakter melalui KBM dalam setiap mata pelajaran
  6. Mengembangkan hubungan yang harmonis antara peserta didik, pendidik, stakeholders, lingkungan maupun masyarakat.

 

Tujuan sekolah

  1. Terwujudanya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata sesuai standar kelulusan
  3. Pengembangan sistem pembelajaran berbasis Web
  4. Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
  5. Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah
  6. Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait
  7. Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah dan asri.Terwujudnya keharmonisan antara warga sekolah dengan masyarakat dan pemerintah.

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Copyright © 2017 SMAK Fides Quaerens Intellectum Kefamenanu